Minggu, 31 Maret 2013

apple vs android




Pertarungan dunia ponsel pintar semakin memanas,beberapa perusahaan Teknologi mulai menunjukkan taringnya.Ponsel pintar tak lepas dari Sistem Operasi yang dibawanya,dengan suksesnya Android Milik Google dan iOS milik Apple,perusahaan lain mulai menghadirkan sistem operasi ponsel pintar untuk menjadi alternatif dari Google dan Apple.

Microsoft mengeluarkan Windows Phone 7 dan Windows Phone 8, Pembesut BBM RIM jg tidak ketinggalan akan mengadopsi BB10 setelah OS 7 gagal dipasaran.Yang Terbaru dari Firefox juga mengeluarkan Firefox OS yang menurut kabar mendapat banyak dukungan dari berbagai operator seluler dunia,banyak yang beranggapan bahwa Firefox OS adalah gabungan dari iOS dan Android.Yang kita bahas kali ini adalah keunggulan dan kelemahan dri ke 2 OS Android dan iOS tersebut.

Ingat, Android adalah milik Google Sang Raksasa Internet yang aplikasinya tak tertandingi didunia maya.Sebut saja Aplikasi Gmail, Google Search, Google Maps,Google Earth dll. Disektor ini Google menang selangkah dari kompetitornya Apple yang hanya konsen di Software OS Mac.OS Android telah terintegrasi dengan semua layanan populer Google,tak heran banyak yang menyukai system Android ini. Tahun 2007 Apple mengumumkan ponsel pintar nya yang pertama yang notabene ini adalah ponsel paling canggih saat masa itu yaitu iPhone,dimana pengoperasian dari iPhone ini lain dari pada ponsel dipasaran seperti Nokia pada umumnya.Layarnya menggunakan Layar sentuh Kapasitif yang Sangat sensitif dan nyaman dipakai. Gebrakan dari layar sentuhnya menggunakan multi sentuh yang dapat memberikan fungsi yang lebih baik pada ponsel pada umumya.

Semenjak iPhone dirilis banyak yang ragu atas kesuksesan dari iPhone tersebut,dan pada akhirnya lambat laun iPhone sukses besar dipasaran karena didukung banyak aplikasi yang menarik dan mempunyai design yang cantik.semenjak itu iOS menjadi standart industri Sistem Operasi Ponsel pintar dunia mengalahkan suksesor symbian dan windows mobile.

Perlu diketahui Android,Inc merupakan perusahaan Start-up yang dipimpin Andy Rubin dan akhirnya dibeli Google.Google mempercayakan Andy Rubin sebagaiVice President of Android Engineering .Visi dan Misi Andy Rubin adalah Dunia sangat memerlukan sistem operasi ponsel pintar yang terbuka,setiap orang dapat menggunakan dan berinovasi dengan system Android ini.

Pada akhir 2009 Google merilis Ponsel Pintar HTC Nexus One yang Sofware nya didesain oleh langsung oleh Google tanpa campur tangan dari vendor lain.Untuk hal ini Produksi diserahkan semua oleh HTC (pembesut ponsel pintar windows mobile dan PDA).Sebuah terobosan besar tercipta untuk menyaingi iPhone 3gs yang pada waktu itu sangat sukses dan canggih dengan ekosistem yang bagus pada masa itu.Google merilis HTC Nexus One dengan Kecepatan Processor 1GHz ,bandingkan dengan iPhone 3gs yang hanya 600mhz kala itu. Dengan spesifikasi tersebut Nexus One melampaui jauh kecepatan iPhone. Nexus One dirilis dengan Versi Android 2.1 agar vendor dengan cepat terpacu untuk membuat perangkat yang lebih hebat lagi dengan Sistem Operasi Android.




Dengan dirilis nya HTC Nexus One, CEO Apple yang kala itu dijabat Steve Jobs pun marah dengan mengatakan ” kita tidak masuk ke bisnis mesin pencari, kenapa sekarang google masuk bersaing ke bisnis kita di smartphone”. Setelah Google merilis versi Android 2.2 untuk Nexus One, kecepatan yang dihasilkan meningkat drastis 2x lipat. Dan untuk mengadopsi semua fitur yang dibutuhkan akhirnya Android ditambahkan semua fitur yang ada di Google. Dengan kata Lain untuk urusan email,peta dan mesin pencarian android diatas segalanya dibandingkan Apple yang kala itu belum mempunyai fitur Peta , Email dan Sinkronisasi dengan server Apple ataupun Google.

Setelah beberapa tahun berlalu Google mengupdate versi terbaru Android Jellybean 4.1 yang diperkenalkan Bulan lalu.Apple pun merilis update iOS 5.1.1 ke OS 6 yang akan bergulir beberapa bulan mendatang.Berhubung Belum mempunyai iPhone dengan iOS 6 saya menggunakan iOS 5.1.1 untuk membandigkan kelebihan dan kekurangan dengan Android Jellybean.

Kekurangan Apple iOS 5.1.1 :

1. Tanpa Jailbreak , iPhone tidak dapat mengirim file dari email bawaan,untuk mengirim attachment iPhone tidak mendukung semua format file. Yang harus dilakukan hanya membuka dulu file/gambar yang mau dikirimkan via email dan share via email. Untuk cara ini membutuhkan proses yang lama,Bandingkan dengan aplikasi bawaan email dri Gmail yang sangat cepat untuk mengirimkan attachment nya.

2. Navigasi iPhone terbatas untuk pilihannya,karena iPhone di beberapa menu tidak mendukung Hold Tap and Option seperti yang ada di Android.

3. Multi tasking di iPhone sangat lah terbatas,Hanya aplikasi bawaan dari system yang mendukung operasi Multitasking nya. sedangkan aplikasi pihak ketiga belum mendukung Multitasking sepenuhnya.

4. Tanpa Jailbreak iPhone tidak memungkinkan untuk mengirimkan berbagai File melalui Bluetoth.

5. iPhone belum mendukung NFC yang mulai ngetrend di tahun 2012 ini.

6. Tanpa jailbreak,iPhone tidak dimungkinkan untuk mengganti tampilan UI Homescreen atau Launcher .Entah karena Apple melarang mengganti UI Launcher ada di iOS atau memang systemnya yang tidak support dengan Kustomisasi UI nya.

7. Banyak yang bilang bahwa Fitur yang ada di iOS sudah ada semenjak Google merilis versi Android ICS 4.0 karena memang fitur di iOS sudah ada di Android tersebut.

8. Aplikasi kebanyakan berbayar,Bandingkan dengan Aplikasi Free Android yang sudah melebihi jumlah Aplikasi Free di iOS.

9. System nya tertutup sehingga setiap orang tidak dapat merubah semua system dan UI tanpa seijin Apple Inc.

10. Jenisnya yang kurang beragam membuat orang lebih memilih Android,karena setiap orang ingin mendapatkan ponsel yang murah dengan beragam fitur yang lengkap.

11. Belum mendukung jaringan 4G LTE sampai iPhone 5 dirilis.

Kelebihan Apple iOS 5.1.1 :

1. System nya sangat stabil dan cenderung batere lebih irit karena manajemen systemya yang baik.

2. Aplikasi lebih banyak yaitu 500.000 dibandingkan Androidyang hanya 400.000

3. Ketajaman Grafiknya sangat memukau,ini adalah ciri dari produk Apple yang mengedepankan kualitas Grafis.

4. Sangat didukung oleh Developer Handal dan Pengguna yang cenderung Setia.

5. Soal akselerasi navigasi Layar sentuhnya iPhone sangat bisa diandalkan dibanding perangkat Android.

6. Aplikasi Games HD yang lebih banyak dan variatif,untuk masalah Games iOS selangkah lebih maju dibanding Android karena dengan menggunakan iPhone 3gs yang hanya berprocessor 600 mhz games sangat berjalan dengan mulus tanpa ada kendala sedikitpun.Banyak Games HD dengan grafik yang menawan di rilis untuk di iOS sedangkan tidak di Android.

7. Akselerasi sangat meningkat pesat di versi ini karena beberapa aplikasi system yang tidak dibutuhkan tidak terinstall sehingga sangat ringan dan hampir tidak mengalami Lag. Jika ingin Menambah semua fitur anda harus Jailbreak iPhone tersebut untuk mendapatkan akses penuh ke system untuk menambah fitur system yang tidak ada secara default.

8. Mendukung Sistem perintah suara SIRI yang sangat populer.

Kelebihan Android Jellybean 4.1.1 :

1. Merupakan Android versi terbaru dari Google dengan peningkatan keamanan yang sangat baik.

2. Mendukung Tansfer File Video via NFC dan Google Wallet untuk pembayaran digital.

3. Pembaruan Notifikasi yang lebih atraktif bila dibandingkan dengan Notifikasi yang ada di iOS 5.

4. Mendukung Perintah suara yang dinamakan Google Now,yang sangat membantu untuk navigasi Peta hingga menjad assisten pribadi untuk mengatur jadwal sehari hari bahkan jadwal penerbangan pun bisa.

5. Face unlock yang merupakan fitur pengunci ponsel dengan deteksi wajah,agar tidak bisa dikelabui dengan foto Google menambahkan fungsi Blink agar lebih aman. Untuk itu sebelum membuka kunci anda diharuskan mengedipkan mata terlebih dahulu.

6. Mempunyai aplikasi free hampir 50% di Google Play store, Meski Gratis aplikasi ini tidak kalah baiknya dengan aplikasi berbayar.

7. Integrasi layanan Peta Google yang lebih baik dibandingkan peta milik iPhone yang masih bersifat Beta.

8.Tersedia nya Rom dari berbagai developer yang memungkinkan fitur apa saja dri ponsel android merk lain dapat diporting disini. Rom ini adalah kustomisasi hasil developer Android..Komunitas ini sangat banyak yang mendukung Android.

9. Banyaknya perangkat dengan beragam pilihan dengan Hardware Highend,seperti Dualcore Ataupun Quadcore Processor. Bahkan LG Optimus 3D dan HTC Evo 3D merupakan ponsel android ekslusif dengan fitur layar 3D.

Kelemahan Android Jellybean 4.1 :

1.Konsumsi Batere yang masih Boros bila dibandingkan dengan iOS.

2. Fragmentasi yang dikarenakan banyak nya perangkat Android yang berbeda Hardware sehingga banyak games ataupun aplikasi yang support di semua ponsel Android,Sehingga kebanyakan ponsel Highend yang mendapat perlakuan yang istimewa.

3. Aplikasi Berbayar hasil developer mudah untuk dibajak,yang mengakibatkan developer merugi bahkan tidak mau membuat aplikasi lgi untuk Android,untuk Hal ini Google harus bertindak untuk melarang aplikasi lain beredar diluar Google Play Store.

4. Dukungan Driver untuk ponsel Low end mungkin yang susah didapatkan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar