1.
Bahasa
Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Membaca
berbagai informasi tertulis
dalam konteks
bermasyarakat dan
berbagai
bentuk teks.
|
Menentukan
gagasan pokok, simpulan, makna istilah, kalimat penjelas, pernyataan yang
sesuai dengan isi paragraph.
|
Menentukan jenis laporan.
|
||
Menentukan isi petunjuk kerja.
|
||
Menentukan isi riwayat hidup/biografi.
|
||
Menentukan isi grafik/matriks.
|
||
Menentukan
tanggapan logis dan tanggapan yang sesuai dengan isi paragraf.
|
||
Menentukan
kata baku/tidak baku, kata bersinonim/ berantonim, kata bermakna konotasi, kata bermakna
proses/hasil,
dan perubahan makna kata.
|
||
Menentukan
kalimat tanya yang sesuai dengan konteks.
|
||
Menentukan
kalimat yang berbentuk opini/fakta dalam paragraf.
|
||
Menentukan makna ungkapan/peribahasa.
|
||
Menentukan tema dan majas dalam puisi.
|
||
Menentukan amanat cerpen/novel.
|
||
Menentukan latar dan tahapan alur
novel/roman.
|
||
Menentukan unsur ekstrinsik novel.
|
||
Menentukan isi naskah drama, dan
perwatakan tokoh.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
2.
|
Menulis berbagai teks dalam konteks bermasyarakat;
membuat parafrasa; menulis jenis-jenis wacana (naratif,
deskriptif, ekspositoris,
argumentatif); meringkas teks; menyimpulkan isi
teks; menulis proposal, surat, dan
laporan.
|
Menentukan
penulisan kata, pilihan kata, dan ungkapan.
|
Menentukan
pikiran penjelas, kalimat efektif, kalimat yang menyatakan hubungan
perbandingan, dan susunan topik karangan.
|
||
Menentukan
tujuan, jenis kegiatan, dan sistematika penulisan proposal.
|
||
Menentukan
penulisan bagian-bagian surat, kalimat pembuka, kalimat penutup, kalimat
surat balasan yang santun.
|
||
Menentukan kalimat memo.
|
||
Menentukan isi surat berita keluarga.
|
||
Melengkapi paragraf sesuai dengan jenisnya.
|
||
Melengkapi bagian-bagian surat kuasa.
|
||
Menentukan isi surat perjanjian jual
beli.
|
||
Menentukan kalimat pengumuman.
|
||
Menyusun catatan kaki.
|
||
Menentukan isi catatan hasil rapat.
|
||
Menentukan
isi kata pengantar laporan, dan simpulan laporan.
|
||
Menentukan kalimat poster.
|
2.
Bahasa
Inggris
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1
|
Listening (Mendengarkan)
Memahami makna dalam wacana lisan
interpersonal, transaksional, monolog sederhana dan teks
fungsional pendek berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan
keprofesian.
|
1. Pictures
|
Menentukan
pernyataan lisan yang tepat tentang kegiatan yang sedang berlangsung di dalam
ruangan (indoor)/di luar ruangan (outdoor) sesuai dengan
gambar.
|
||
Menentukan
pernyataan lisan yang tepat tentang lokasi suatu benda/posisi seseorang
sesuai dengan gambar.
|
||
Menentukan
pernyataan lisan yang tepat tentang penampilan (ciri-ciri fisik)
seseorang/deskripsi benda
sesuai
dengan gambar.
|
||
2.Questions/Statements-Responses
|
||
Menentukan
respons yang tepat terhadap pernyataan/ pertanyaan lisan yang berisi
pemberian saran/ pendapat.
|
||
Menentukan
respons yang tepat terhadap pernyataan/ pertanyaan lisan yang mengungkapkan
sebuah
undangan/penawaran
|
||
Menentukan
respons yang tepat terhadap pernyataan/ pertanyaan lisan yang berisi
pemberian arah atau
lokasi
suatu tempat/keb eradaan seseorang/kondisi suatu benda/tempat
|
||
3. Short
Conversation
|
||
Menentukan
gambaran umum/informasi tertentu/ informasi tersirat dari percakapan lisan
singkat
tentang
kegiatan sehari-hari/kegiatan yang sedang berlangsung
|
||
Menentukan
gambaran umum/informasi tertentu/ informasi tersirat dari percakapan lisan
singkat
tentang
pemesanan sesuatu/pemberitahuan tentang
keadaan
suatu barang.
|
||
Menentukan
gambaran umum/informasi tertentu/
informasi
tersirat dari percakapan lisan singkat tentang suatu perijinan/perjanjian
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
Menentukan
gambaran umum/informasi tersirat dari
percakapan
lisan singkat tentang kegiatan masa lampau/pendapat terhadap sesuatu hal
(benda/tempat/masalah)
|
|||
4. Short Talk
(Monolog)
|
|||
Menentukan gambaran umum/informasi
tertentu/ informasi rinci/informasi tersirat dengan tepat dari monolog lisan
singkat tentang proses pengerjaan/ pengoperasian suatu alat/tips melakukan
sesuatu.
|
|||
Menentukan
gambaran umum/informasi tertentu/
informasi
rinci/informasi tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat berbentuk
pengumuman
singkat/iklan
singkat/brosur suatu produk.
|
|||
2.
|
Reading (Membaca) Memahami dan
merespon makna dalam wacana tulis interpersonal dan
transaksional, esai/monolog pendek dan
teks fungsional pendek berkaitan dengan kehidupan sehari-hari,
pekerjaan dan
keprofesian.
|
5. Error
Recognition
|
|
Menentukan
kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan
perbandingan benda/
peraturan
atau penolakan
|
|||
Menentukan
kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi
benda/
tempat
wh-questions
|
|||
Menentukan
kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi
fisik
seseorang
( physical appearance)/benda atau profesi
seseorang.
|
|||
Menentukan
kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan
pengandaian/pilihan
tindakan.
|
|||
Menentukan
kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan perasaan
seseorang
terhadap
sesuatu/pendapat seseorang
|
|||
6. Reading
Comprehension
|
|||
Menentukan
pikiran utama paragraf/gambaran umum
atau
informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau makna kata/frasa
dalam surat/memo/pesan/e-mail bersifat bisnis.
|
|||
Menentukan
pikiran utama paragraf/gambaran umum atau informasi tertentu/informasi
rinci/informasi tersirat atau makna kata /frasa dari deskripsi
perusahaan/profil
perusahaan .
|
|||
Menentukan
pikiran utama paragraf/gambaran umum
atau
informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau makna kata /frasa
pada deskripsi pekerjaan seseorang di waktu lampau/job
descriptions
|
|||
Menentukan
pikiran utama paragraf/gambaran umum
atau
informasi rinci/inform asi tersirat, atau makna kata/frasa dalam sebuah
teks procedure dalam bentuk a.l.
manual/ resep/ petunjuk/instruksi atau iklan.
|
|||
3.
|
Writing (Menulis)
Mengungkapkan dan merespon makna dalam
teks tulis fungsional pendek dan esai sederhana bentuk recount/news
item/procedure secara akurat dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian.
|
7. Incomplete
Dialog
|
|
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang suatu
kemungkinan/ pemberian pendapat.
|
|||
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi penawaran sesuatu/perintah
|
|||
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi permohonan/pemberian saran.
|
|||
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang kegiatan rutin/gerund
|
||
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi suatu pilihan atau pemesanan
barang/jasa.
|
||
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi perintah/permohonan/saran.
|
||
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi pengandaian/penggunaan used to
(kebiasaan waktu lampau)
|
||
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi rencana/janji yang akan
datang/question tag
|
||
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi kegiatan waktu lampau/passive
voice.
|
||
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang
terkait
dengan kegiatan yang sedang berlangsung/present perfect tense
|
||
8. Cloze Test
|
||
Menentukan
kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat untuk melengkapi teks
rumpang tidak lengkap pada surat bisnis berbentuk surat lamaran kerja/memo
|
||
Menentukan
kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat untuk melengkapi teks
rumpang tidak lengkap pada sebuah
pengumuman/pemberitahuan
|
||
Menentukan
kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat untuk melengkapi teks
rumpang tidak lengkap pada iklan/brosur singkat
|
3.
Matematika
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Melakukan operasi bilangan real dan
menerapkannya dalam bidang kejuruan.
|
Menyelesaikan
masalah dengan menggunakan operasi bilangan real.
|
Menentukan
hasil operasi bilangan berpangkat dan bentuk akar, dan/atau logaritma.
|
||
2.
|
Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel serta dapat
menerapkannya dalam
bidang
kejuruan.
|
Menyelesaikan
masalah sistem persamaan atau pertidaksamaan linear dua variabel.
|
3.
|
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan fungsi linear, fungsi
kuadrat, program linear, dan sistem
pertidaksamaan
linear.
|
Menentukan fungsi linear dan/atau
grafiknya.
|
Menentukan fungsi kuadrat dan/atau
grafiknya.
|
||
Menentukan
model matematika dari masalah program linear.
|
||
Menentukan
daerah himpunan penyelesaian dari masalah program linear.
|
||
Menentukan
nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linear.
|
||
4.
|
Menerapkan konsep matriks dan vektor
untuk memecahkan masalah.
|
Menentukan
hasil operasi matriks atau invers suatu matriks.
|
Menentukan
hasil operasi vektor dan besar sudut antar vektor pada bidang atau ruang.
|
||
5.
|
Menerapkan prinsip-prinsip logika
matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk
dan pernyataan
berkuantor.
|
Menentukan ingkaran dari suatu
pernyataan.
|
Menentukan invers, konvers, atau
kontraposisi.
|
||
Menarik
kesimpulan dari beberapa premis.
|
||
6.
|
Menentukan unsur-unsur bangun datar,
keliling dan luas bangun datar, luas permukaan dan volume bangun ruang,
unsur-unsur irisan kerucut serta dapat menerapkannya dalam bidang
kejuruan.
|
Mengidentifikasi
bangun datar, bangun ruang, dan unsur-unsurnya.
|
Menghitung
keliling dan luas bangun datar atau menyelesaikan masalah yang terkait.
|
||
Menghitung
luas bangun permukaan bangun ruang atau menyelesaikan masalah yang terkait.
|
||
Menghitung
volume bangun ruang atau menyelesaikan
masalah yang terkait.
|
||
7.
|
Menerapkan konsep perbandingan
trigonometri dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan
unsur-unsur segitiga dengan menggunakan perbandingan trigonometri.
|
Mengkonversi
koordinat kutub ke koordinat kartesius atau sebaliknya.
|
||
8.
|
Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan barisan dan deret.
|
Mengidentifikasi
pola, barisan, atau deret bilangan.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan barisan atau deret aritmetika.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri.
|
||
9.
|
Menerapkan
konsep peluang dalam pemecahan
masalah.
|
Menentukan permutasi atau kombinasi.
|
Menghitung
peluang suatu kejadian atau frekuensi harapannya.
|
||
10.
|
Menerapkan konsep dan
pengukuranstatistik dalam pemecahan masalah.
|
Menerapkan
konsep dan pengukuranstatistik dalam pemecahan masalah.
|
Menghitung ukuran pemusatan data.
|
||
Menghitung ukuran penyebaran data.
|
||
11.
|
Menggunakan konsep limit fungsi dan
turunan fungsi dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan
limit fungsi aljabar atau fungsi geometri.
|
Menentukan
turunan fungsi aljabar atau fungsi geometri.
|
||
Menyelesaikan
masalah dengan menggunakan konsep turunan.
|
||
12.
|
Menggunakan konsep integral dalam
pemecahanan masalah.
|
Menentukan
integral tak tentu atau integral tentu dari fungsi aljabar atau trigonometri.
|
Menentukan luas daerah di antara dua
kurva.
|
||
Menentukan volume benda putar.
|
||
13.
|
Menerapkan konsep irisan kerucut dalam
memecahkan masalah.
|
Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan lingkaran atau parabola.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar